Mario Balotelli mungkin jadi satu-satunya pemain di dunia yang paling ditakuti seorang kiper saat menghadapi tendangan penalti. Hal ini merujuk rekor mentereng bomber AC Milan tersebut dalam urusan tendangan 12 pas.

Balotelli mencatatkan rekor 100 persen sukses dalam mengeksekusi penalti. Sepanjang karier profesionalnya, dia sudah 20 kali mengambil tugas sebagai algojo penalti. Dan hebatnya, 20 kali itu juga dia berhasil mengecoh setiap kiper yang dihadapinya.

Giovanni Galli, mantan kiper Timnas Italia, Milan dan Fiorentina pun tertantang untuk mempelajari tendangan penalti Balo. Dari rekaman 20 tendangan penalti yang dieksekusi Balo, Galli mengaku sudah bisa menemukan rahasianya, namun dia enggan membocorkan secara rinci rahasia menggagalkan sepakan striker 23 tahun tersebut.

“Sejak beberapa waktu lalu, saya mempelajari penalti Balotelli. Saya menemukan satu keganjilan. Ketika dia memperlambat langkahnya, dia menendang ke salah satu sudut gawang, dan ketika langkahnya tidak melambat, maka dia menendang ke sudut lainnya,” ujar Galli sebagaimana dikutip Football-Italia, Jumat (13/9/2013).

“Saya tidak akan menjelaskan lebih detil (kemana arah tendangan Balo), karena saya tidak ingin mengungkapkan rahasia Balotelli. Jika Anda benar-benar ingin tahu, silakan lihat 20 penalti itu dan pelajari sendiri,” sambungnya.

Galli saat ini sudah pensiun dari sepakbola. Hal tersebut membuatnya tidak bisa mempraktekkan hasil penelitiannya terkait tendangan Balo. Namun, dia memprediksi ada kiper yang menurutnya mampu mengakhiri rekor 100 persen Balo. Kiper yang dimaksud ialah Manuel Neuer, kiper nomor satu Bayern Munich dan Timnas Jerman.

“Dia (Neuer) memiliki fisik yang sangat besar. Dia mampu menutup gawang dengan sangat baik, dan dia juga punya reaksi yang luar biasa. Jika dia melompat ke arah yang tepat, maka dia dapat menjangkau bola (tendangan Balo),” tandas pria yang kini berusia 55 tahun tersebut.

Sumber : okezone.com