AC Milan meraup angka penuh atas tamunya Celtic usai torehan dari Cristian Zapata dan Sulley Muntari di babak kedua memastikan kemenangan bagi Rossoneri di matchday 1 Liga Champions, Kamis [19/9], di San Siro.

Babak pertama

Pertandingan langsung berjalan sengit di menit keempat. Tuan rumah mendapatkan satu kans emas yang gagal dikonversi Mario Balotelli menjadi gol. Jika saja kiper Forster tidak sigap, mungkin tendangan voli dari striker bengal itu akan membuat Rossoneri unggul cepat.

Semenit berselang giliran Zaccardo mengusahakan tendangan dari luar kotak penalti. Tapi bisa ditangkap sempurna oleh Forster.

Melewati menit ke-20, Milan terus melancarkan tekanannya. Alessandro Matri berkesempatan mencetak gol. Akan tetapi sundulannya, usai memanfaatkan umpan silang dari Zaccardo, bisa ditepis kiper lawan.

Celtic akhirnya keluar dari ancaman-ancaman yang diperagakan Rossoneri. Commons mendentumkan satu tendangan ambisius di menit ke-23. Sayangnya arah bola masih melenceng.

Skuat Max Allegri kembali menyerang! Sekarang Nocerino beraksi di tepi kotak penalti tim tamu. Mungkin tuan rumah bisa pecah telur andai saja tendangan Nocerino tidak melayang di atas mistar.

Lima menit jelang laga paruh pertama rampung, Celtic mendapatkan satu kesempatan besar untuk membuka gol. Sayang, andai tendangan Stokes tidak mengenai badan Zapata, mungkin ceritanya akan berbeda.

Demikian juga dengan kans yang diperoleh Balotelli di menit terakhir laga lewat sepakannya yang masih dapat dimentahkan Forster sebelum wasit mengakhiri interval pertama.

Babak kedua

Celtic menekan di awal-awal babak kedua. Lustig beberapa kali mengirim crossing berbahaya, meski pada akhirnya tidak terselesaikan menjadi gol.

Samaras nyaris mengubah keadaan di pertandingaan ini untuk membawa Celtic memegang kendali laga. Sayang, sepakannya pada menit ke-50 hanya meleset di sisi kiri gawang Milan.

Sejam pertandingan ditandai sebuah tendangan salto yang nyaris menggetarkan gawang Milan Setelah Samaras menyundul bola, lalu diteruskan oleh tendangan indah Mulgrew yang justru gagal menyentuh bola.

Pun demikian usaha yang dilakukan Muntari saat berada di mulut gawang tanpa terkawal. Tandukan eks pilar FC Internazionale itu malah melambung tinggi di atas tiang.

Pada menit ke-68 Brown meluncurkan sebuah tendangan keras. Beruntung, ada De Jong menghalangi sehingga arah bola jadi mudah untuk diamankan oleh Abbiati.

Menginjak menit ke-80 Stokes membuat degup jantung publik Milan bergerak cepat. Untung saja, sepakan bebas yang dieksekusinya hanya menabrak tiang gawang. Hampir!

Dan Milan akhirnya merobek kebuntuan! Saat para penyerang buntu, justru bek Cristian Zapata yang memberikan nafas bagi Rossoneri. Berawal dari sepakan mendatar yang dilepaskannya mengenai kaki Izaguerre sebelum akhirnya bola berubah arah dan masuk.

Belum lama setelah gol pertama, Muntari menggandakan kedudukan bagi Milan. Sepakan bebas dari Balotelli membawa berkah bagi Muntari. Bola dentuman si striker menghasilkan rebound yang lantas disambar gelandang Ghana itu, dan sukses.

Gol kedua tersebut praktis memungkas laga.

Berikut daftar pemain yang diturunkan AC Milan dan Celtic yang akan bentrok dalam laga perdana Liga Champions di Grup H:

AC Milan starting XI: Abbiati; Zaccardo, Zapata, Mexes, Constant; Nocerino, De Jong, Muntari; Birsa; Balotelli, Matri.

Celtic starting XI: Forster; Lustig, Van Dijk, Ambrose, Izaguirre; Matthews, Brown, Mulgrew; Samaras; Commons, Stokes.

Sumber : Goal.com