Pemain baru AC Milan, Valter Birsa, menjadi penentu kemenangan timnya pada laga melawan Sampdoria. Birsa mencetak satu-satunya gol yang memenangkan Rossoneri dengan skor 1-0.

Pada pertandingan di San Siro, Minggu (29/9/2013) dinihari WIB, Milan tampil tanpa Mario Balotelli yang masih menjalani hukuman. Mereka memasang Alessandro Matri di lini depan, bersama Robinho dan Birsa.

Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Milan langsung menyengat pada awal babak kedua. Birsa mencetak gol yang akhirnya jadi satu-satunya gol pada pertandingan ini.

Tambahan tiga angka mengangkat Milan ke posisi kedelapan klasemen sementara dengan delapan poin dari enam partai. Sampdoria berada di urutan ke-18 dengan koleksi dua poin.

Jalannya Pertandingan

Milan mengancam gawang Sampdoria pada menit ke-15. Birsa mengirim umpan matang ke kotak penalti dan ada Robinho yang siap menyambut di tiang jauh. Namun, Robinho gagal menjangkau bola.

Berselang dua menit, giliran Kevin Constant yang mendapatkan kesempatan. Constant menyambar umpan Robinho dengan tendangan first time dari dalam kotak penalti. Tapi, arah bola masih melenceng.

Dari situasi tendangan bebas, Milan membahayakan gawang Sampdoria lagi. Birsa menjadi eksekutor, tapi sepakannya masih melayang di atas mistar.

Sampdoria bukannya tanpa peluang. Sundulan Andrea Costa pada menit ke-27 masih melebar, sementara tendangan keras Manolo Gabbiadini dari luar kotak penalti sedikit melambung.

Hingga berakhirnya babak pertama, kedua tim sama-sama tak mampu memecahkan kebuntuan. Skor masih 0-0.

Milan langsung tancap gas begitu babak kedua dimulai dan bikin gol pada menit ke-46. Usai menerima umpan Robinho, Birsa melepaskan tendangan menyilang yang menembus pojok bawah gawang Sampdoria.

Tak berselang lama, Milan nyaris menggandakan keunggulannya. Sepakan keras Birsa masih bisa dimentahkan kiper Junior da Costa. Andrea Poli kemudian mengejar bola rebound dan mengirim umpan matang kepada Robinho yang ada di mulut gawang. Meski tinggal menyontek bola, Robinho gagal bikin gol karena sontekannya malah mengarah ke Da Costa.

Sampdoria punya kans pada menit ke-59 melalui Roberto Soriano. Namun, sundulan Soriano terlalu lemah dan bisa diamankan Christian Abbiati.

Matri menyia-nyiakan peluang yang dia dapatkan. Lolos ke kotak penalti Sampdoria dan tinggal menghadapi Da Costa, penyelesaiannya masih bisa dihalau si kiper.

Memasuki menit ke-67, gawang Milan terancam oleh aksi Pedro Obiang. Beruntung buat mereka, tendangan Obiang dari luar kotak penalti masih melebar.

Di sisa waktu, Sampdoria terus menekan dan memaksa Milan lebih banyak bertahan. Akan tetapi, mereka gagal mendapatkan gol penyama.

Susunan Pemain
Milan: Abbiati; Zaccardo, Zapata, Mexes, Constant; Poli (Nocerino 75′), De Jong, Muntari (Emanuelson 46′); Birsa (Niang 66′), Robinho; Matri

Sampdoria: Da Costa; De Silvestri, Mustafi, Regini, Costa; Gavazzi, Obiang, Palombo, Wszolek (Soriano 52′); Sansone, Gabbiadini (Petagna 67′)

Sumber : Detik Sport