Tengah pekan ini Liga Champions kembali bergulir untuk memasuki matchday 2. Sederet laga seru tersaji, di antaranya duel Manchester City lawan Bayern Munich dan Arsenal versus Napoli.

Pada tanggal 1 Oktober, atau Rabu (2/10/2013) dinihari WIB, partai-partai dari grup E sampai dengan H akan dimainkan. Sehari setelahnya, Kamis (3/10) dinihari WIB, giliran pertandingan-pertandingan dari Grup A sampai F yang digelar.

Sebagaimana dilansir situs UEFA, berikut pertandingan-pertandingan matchday 2 tersebut

Pertandingan tanggal 1 Oktober, atau Rabu (2/10/2013) dinihari WIB.

Grup E (FC Basel 1893 v FC Schalke 04; FC Steaua Bukares v Chelsea FC)
– Basel dan Schalke berhadapan di fase grup Piala UEFA 2004/05, bermain 1-1 di Gelsenkirchen pada 21 Oktober. Pemain pengganti Basel Matias Delgado mencetak gol tendangan bebas untuk membuat tim tamu berhasil pulang dengan satu angka. Sebelumnya Levan Kobiashvili membuat tim tuan rumah unggul.

– Musim lalu Steaua dan Chelsea berjumpa di babak 16 besar Liga Europa. Steaua memenangi pertemuan pertama lewat gol penalti Raul Rusescu. Di pertemuan kedua Juan Mata menyamakan skor keseluruhan sebelum kemudian Vlad Chiriches memulihkan keunggulan agregat Steaua. Namun, gol John Terry dan Fernando Torres setelah itu meloloskan Chelsea.

Grup F (Borussia Dortmund v Marseille; Arsenal v Napoli)
– Dortmund dan Marseille berhadapan di fase grup Liga Champions dua tahun lalu, dengan Marseille menang 3-0 di kandang dan 3-2 di laga tandang.

– Arsenal punya kenangan buruk dari pertemuan terakhirnya dengan tim dari Seri A Italia. Menghadapi AC Milan di babak 16 besar Liga Champions 2011/12, Arsenal keok 0-4 di laga tandang. Tetapi Arsenal merespons dengan apik pada pertemuan berikutnya setelah Laurent Koscielny dan Tomas Rosicky mencetak gol di 30 menit awal kendati skor 3-0 di akhir laga tidak cukup.

Grup G (Zenit v Austria Wina; FC Porto v Atletico Madrid)
– Ini akan menjadi pertemuan ketiga Zenit dengan tim asal Austria dan dua pertemuan sebelum ini dijalani dengan menghadapi lawan yang sama, ASKO Pasching–yang kemudian dinamakan ulang menjadi Austria Karnten–dalam dua musim beruntun: 2004/05 dan 2005/06.

– Porto memenangi seluruh empat laga kandangnya di Liga Champions musim lalu, mencetak delapan gol dan kebobolan dua gol.

Grup H (Ajax v AC Milan; Celtic v Barcelona)
– Ajax meraih empat poin dalam pertemuannya dengan Milan pada fase grup 2010/11. Bertemu di matchday 2 di Amsterdam, Zlatan Ibrahimovic mencetak gol ke gawang Ajax untuk merespons gol Mounir El Hamdaoui yang membuat skor jadi 1-1. Di pertemuan kedua, Demy de Zeeuw dan Toby Alderweireld membuat Ajax menang 2-0.

– Catatan Barcelona di Skotlandia adalah 2 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 3 kekalahan. Mereka mencapai catatan serupa dalam lawatannya di Liga Champions musim lalu, tapi tidak memenangi satu laga tandangnya di fase knockout.

Pertandingan tanggal 2 Oktober, atau Kamis (3/10/2013) dinihari WIB.

Grup A (Shakhtar Donetsk v Manchester United; Bayer Leverkusen v Real Sociedad)
– Shakhtar telah memenangi seluruh tiga pertemuannya lawan klub Inggris yang melawat ke Donetsk di Liga Champions. Catatan kandang Shakhtar atas klub Inggris adalah 4 kemenangan dan 1 hasil imbang, tanpa pernah kalah.

– Sejumlah kenangan indah Leverkusen di partai-partai Eropa terjadi melawan tim-tim Spanyol. Kalah dari Real Madrid dalam final Liga Champions 2002 di Glasgow, Leverkusen mampu mengalahkan Espanyol dalam partai final dua leg Piala UEFA 1988.

Grup B (Juventus v Galatasaray; Real Madrid v FC Kopenhagen)
– Juventus dan Galatasaray sudah berhadapan di dua fase grup Liga Champions, dengan yang teranyar adalah pada 2003/04 ketika Alessandro Del Piero dua kali bikin gol untuk membuat Bianconeri menang 2-1 setelah Hakan Sukur sebelumnya sempat menyamakan kedudukan.

– Di periode pertamanya sebagai pelatih Kopenhagen, Stale Solbakken sudah membawa timnya melawan tim Spanyol dalam empat kesempatan di Eropa. Statistiknya melawan Valencia, Barcelona, dan Atletico adalah 2 hasil imbang dan 2 kekalahan.

Grup C (Paris Saint-Germain v Benfica; Anderlecht v Olympiakos)
– PSG tidak terkalahkan di dalam enam pertandingan kandang melawan tim Portugal, dengan meraih empat kemenangan dan dua hasil imbang. Pertemuan terakhirnya terjadi di fase grup 2012/13 ketika mengalahkan Porto 2-1.

– Kali terakhir duel Anderlecht vs Olympiacos terjadi adalah pada musim gugur 1974. Saat itu Anderlecht menang 5-1 di kandang, tetapi harus kepayahan di pertemuan kedua setelah Maik Galakos mengukir hat-trick untuk Olimpiakos yang akhirnya tetap harus mengaku kalah karena cuma menang 3-0.

Grup D (CSKA Moskow v FC Viktoria Plzen; Manchester City v Bayern Munich)
– Sejak kalah di kandang Atletico Madrid dalam laga pembuka fase grup Liga Europa musim lalu, Plzen sudah merangkai rentetan lima kemenangan dan dua hasil imbang di laga tandang.

– Selain kemenangan di Wembley dalam final bulan Mei lalu, Bayern juga sudah meraih kemenangan di tanah Inggris atas Arsenal dengan skor 3-1 di babak 16 besar musim lalu.

Sumber : Detik Sport