Ajax Amsterdam menjamu AC Milan pada lanjutan Grup H Liga Champions musim 2012/13, Selasa (1/10) malam ini.

Kedua tim tidak bisa dibilang dalam tren menggembirakan dalam beberapa pertandingan terakhir di liga masing-masing. Ajax sempat dipukul PSV Eindhoven 4-0, empat hari setelah menderita kekalahan dengan skor sama dari Barcelona di Liga Champions, dua pekan lalu.

Pelatih Frank de Boer bereaksi dengan memberikan kesempatan kepada kiper Jasper Cillessen untuk tampil di bawah mistar menggantikan Kenneth Vermeer yang kerap melakukan blunder. Hasilnya, di Ajax menang di Piala Belanda dan menang besar pula 6-0 atas Go Ahead Eagles akhir pekan lalu.

Christian Poulsen tampaknya tetap diberi kesempatan tampil oleh De Boer meski saya menilai gelandang Denmark ini menjadi mata rantai yang terputus dalam skema permainan sang pelatih.

Sayap kanan 20 tahun, Lesley De Sa, tampil gemilang saat melumat Go Ahead sehingga bisa jadi diberikan lagi peluang bermain. Apalagi Bojan Krkic mengalami cedera paha. Kolbein Sigthorsson dan Viktor Fischer melengkapi trisula Ajax di lini depan tim.

Sementara, Milan tak bisa menghadirkan Stephan El Shaarawy yang cedera sedangkan kondisi kapten Riccardo Montolivo masih ditunggu. Pengalaman Nigel de Jong dan Urby Emanuelson, keduanya eks Ajax, akan menjadi modal berharga bagi skuat Rossoneri. Dari segi kematangan tim, pasukan Milan telah teruji dan pasukan muda PSV menjadi buktinya ketika disingkirkan di babak play-off.

Apakah De Boer ingin meminta pendapat dari Philip Cocu tentang kekuatan Milan? Tidak perlu, bilang sang pelatih. Meski menyejajarkan pengaruh Mario Balotelli dengan Lionel Messi, De Boer berharap menangguk hasil maksimal dalam pertemuan nanti.

“Kalau kami tetap fokus selama 90 menit, saya yakin kami bakal menuai hasil bagus,” tukasnya.

Prediksi Goal Indonesia: Ajax Amsterdam 2-2 AC Milan