AC Milan pulang dengan satu poin dari lawatannya ke kandang Ajax Amsterdam. Kebobolan lebih dulu di menit ke-90, Milan kemudian memaksakan hasil imbang 1-1 lewat penalti Mario Balotelli di masa injury time.

Dalam pertandingan di Amsterdam Arena, Rabu (2/10/2013) dinihari WIB, Ajax tampil lebih dominan di babak pertama. Meski menciptakan sejumlah peluang, namun mereka gagal membobol gawang Milan dan skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, permainan Milan membaik. Rossoneri beberapa kali mengancam gawang tuan rumah. Sementara Ajax juga tetap melancarkan serangan.

Gol baru tercipta di penhujung laga. Ajax lebih dulu membobol gawang Milan lewat sundulan Stefano Denswil di menit ke-90.

Namun kemenangan Ajax yang sudah di depan mata buyar di masa injury time. Milan mendapat penalti setelah Balotelli dijatuhkan di kotak terlarang. Balotelli kemudian mengeksekusi tendangan penalti dengan sempurna untuk memaksakan hasil seri 1-1.

Dengan hasil ini, Milan menempati posisi dua Grup H dengan empat poin dari dua pertandingan, terpaut dua angka dari Barcelona yang ada di puncak klasemen. Sementara Ajax ada di urutan ketiga dengan satu poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama didapat Ajax di menit kelima. Kolbeinn Sigthorsson yang menerima bola sodoran Lerin Duarte bisa masuk ke dalam kotak penalti Milan dari sisi kiri. Tapi tembakan Sigthorsson kemudian masih bisa digagalkan oleh Christian Abbiati.

Di menit ke-18, Ajax kembali mendapat peluang. Sepakan Viktor Fischer dari luar kotak penalti masih menyamping di sisi kiri gawang Abbiati.

Sementara itu, hingga laga berjalan 30 menit, Milan belum mendapat satu pun peluang. Serangan yang dibangun dari sisi kiri lewat Kevin Constant tak membahayakan gawang Ajax. Umpannya bisa dipotong dengan mudah oleh Jasper Cillessen.

Ajax kembali mendapat peluang di menit ke-36. Kali ini tim tuan rumah mendapat tendangan bebas di sisi kanan. Sepakan Duarte mengarah langsung ke gawang dan memaksa Abbiati melakukan penyelamatan dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Ajax.

Bola hasil sepak pojok yang dihalau dengan tidak tidak sempurna oleh para pemain belakang Milan jatuh ke kaki Niklas Moisander. Dia kemudian melepaskan tembakan voli tapi masih melambung tipis di atas mistar gawang Abbiati.

Hingga turun minum, tak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Empat menit babak kedua berjalan, Milan mendapatkan peluang pertamanya. Namun sepakan Riccardo Montolivo usai menerima bola bola dari Constant masih bisa ditepis Cillessen.

Di menit ke-52, Milan mendapat tendangan bebas menyusul pelanggaran kepada Mario Balotelli. Tapi tendangan striker internasional Italia itu masih mengenai pagar betis Ajax dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Lima menit berselang, giliran Ajax yang mendapatkan peluang. Umpan Siem De Jong dari sisi kanan disambut sundulan oleh Sigthorsson yang relatif tak terkawal. Namun bola mengarah tepat ke pelukan Abbiati.

Tendangan melengkung Balotelli di menit ke-63 gagal menjebol gawang Ajax. Bola yang sempat ditepis oleh Cillessen kemudian membentur mistar gawang.

Cillessen kembali menggagalkan upaya Balotelli. Kali ini tendangan Balotelli dari dalam kotak penalti yang ditepis oleh kiper Ajax itu.

Di menit ke-88, Ajax sempat mencetak gol. Namun gol ini dianulir wasit karena Lasse Schone lebih dulu melakukan handsball.

Ajax kemudian menjebol gawang Milan di menit ke-90. Sundulan Stefano Denswil menyambut sepak pojok merobek gawang Abbiati.

Tak lama berselang, Milan nyaris membobol gawang Ajax. Tapi Ricardo Van Rhijn bisa menghalau bola tepat di garis gawang.

Di menit ke-94, Milan mendapat penalti setelah Balotelli dijatuhkan oleh Mike van der Hoorn. Balotelli kemudian mengeksekusi tendangan penalti dengan baik untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Susunan Pemain

Ajax: Cillessen; Van Rhijn, Moisander (Van Der Hoorn 78), Denswil, Blind; S De Jong, C Poulsen, Duarte (Schone 59); De Sa (Andersen 64), Sigthorsson, Fischer

Milan: Abbiati; Abate, Mexes, Zapata, Constant; Poli (Emanuelson 84), De Jong, Muntari; Montolivo; Robinho (Matri 80), Balotelli

Sumber : Detik Sport