UEFA baru-baru ini menelurkan ide baru. Badan sepakbola tertinggi di Eropa itu mengaku ingin meniadakan pertandingan persahabatan dan menggantinya dengan sistem turnamen yang nantinya bakal disebut sebagai Nations League.

Sistem turnamen ini juga bakal mengenal konsep promosi dan degradasi, sama seperti liga sepakbola pada umumnya. Topik ini juga sudah menjadi bahasan utama saat komite eksekutif UEFA bertemu di Kroasia bulan lalu.

“Tidak ada satu tim pun yang harus melalui kualifikasi untuk mengikuti turnamen ini. Semua tim bisa berpartisipasi. Bentuk kompetisi seperti ini juga akan lebih mudah untuk dikenal orang. Sekarang kami sedang berusaha keras untuk mewujudkannya,” jelas Yngve Hallen, Presiden Asosiasi Sepakbola Norwegia pada The Guardian.

Dukungan terhadap format kompetisi antar negara ini juga datang dari Karl-Erik Nilsson, wakil dari Asosiasi Sepakbola Swedia. Kepada Aftonbladet ia menyebutkan:

“Kita semua tahu bahwa amat sulit untuk menarik perhatian penonton melalui pertandingan persahabatan.”

“Sistem ini layak dipertimbangkan, namun kita harus tetap ingat bahwa ini jangan sampai mempengaruhi jadwal kualifikasi turnamen Eropa yang sebenarnya,” pungkasnya.

Sumber : bola.net