Tak ada pemenang saat AC Milan menjamu Barcelona di matchday ketiga Liga Champions. Gol Robinho yang dibalas Lionel Messi membuat laga di San Siro, Rabu (23/10/2013) dinihari WIB berakhir 1-1.

Di depan pendukungnya sendiri, Milan tampil agresif di menit-menit awal pertandingan. Setelah gol Sulley Muntari dianulir karena terperangkap offside, Rosoneri akhirnya benar-benar unggul lebih dulu melalui Robinho.

Namun Barcelona tak perlu menunggu lama untuk bisa menyamakan kedudukan. Di menit 23 Messi menjebol gawang Marco Amelia dari dalam kotak penalti, yang membuat skor jadi sama kuat 1-1.

Hasil imbang ini tidak mengubah komposisi Grup H, di mana Barcelona masih memuncaki klasemen dengan poin tujuh dari tiga pertandingan. Sementara Milan bertahan di posisi kedua dengan nilai lima.

Jalannya Pertandingan :

Milan sedikit lebih dominan atas Barcelona di menit-menit awal laga. Beberapa serangan berhasil dibangun tuan rumah, terutama melalui sisi kanan di mana Kaka dan Robinho bergantian menusuk dari sana.

Sulley Muntari sempat menjebol gawang Barca di menit ketujuh, melalui serangan yang terbagun rapi dari sisi kiri. Namun wasit membatalkannya karena dia lebih dulu tertangkap offside.

Rossoneri kemudian berhasil unggul cepat setelah pada menit sembilan mereka bisa menjebol gawang Barca. Bermula dari kesalahan barisan belakang Barcelona saat Gerard Pique dan Javier Mascherano gagal mengantisipasi umpan panjang, Robinho bisa mencuri bola. Robinho lantas melakukan umpan satu-dua dengan Kaka di dalam kotak penalti. Sontekan striker asal Brasil itu di muka gawang berujung gol.

Dalam posisi unggul Milan masih bisa mengendalikan permainan, namun di menit 18 Barca nyaris menyamakan kedudukan saat tendangan bebas Messi dari sisi kiri luar kotak penalti Milan cuma membentur jala gawang Amelia.

Barcelona akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 23. Diawali pemain Milan yang kehilangan bola di tengah lapangan, Andres Iniesta lantas mengotaki serangan balik kilat. Dia dengan jeli mengirim bola pada Messi yang berlari tanpa kawalan di sisi kiri pertahanan Milan.

Saat masuk kotak penalti Messi sebenarnya diganggu oleh dua pemain bertahan Milan. Namun dalam posisi tersebut dia masih bisa melepaskan tendangan mendatar yang gagal dijangkau Amelia.

Mexes! Milan nyaris kembali unggul. Menyongsong tendangan penjuru Robinho, tandukan bek asal Prancis itu di tiang jauh cuma meleset tipis dari sasaran.

Barca nyaris menyudahi babak pertama dalam posisi unggul saat Neymar dapat ruang tembak di dalam kotak penalti. Namun tendangan voli yang dia lepaskan tipis menyamping dari tiang jauh gawang Milan.

Barca langsung menekan pertahanan Milan di awal babak kedua. Tapi justru Diavolo Rosso yang punya peluang lebih dulu. Umpan silang Muntari sepertinya akan sampai ke kaki Robinho yang tinggal berhadapan dengan Victor Valdes di dalam kotak penalti. Tapi entah bagaimana si kulit bundar melintas begitu saja di antara kaki striker Brasil itu.

Tak lama berselang Barcelona gantian mengancam. Lolos tanpa pengawalan di dalam kotak penalti, Iniesta gagal melewati Amelia dalam posisi satu lawan satu. Tendangannya dihadang kiper kedua Milan itu.

Di menit 64 Mario Balotelli masuk menggantikan Robinho. Namun karena Milan lebih banyak bertahan, masuknya Super Mario kemudian tak banyak berkontribusi.

Pada menit 70 gawang Milan nyaris jebol. Messi melepas umpan panjang ke dalam kotak penalti dan tepat jatuh ke kaki Adriano. Tinggal berhadapan dengan kiper, sepakan Adriano dari jarak dekat melebar.

Di sisa pertandingan, Milan lebih banyak menumpuk pemain di daerah pertahanan dengan sesekali melancarkan serangan melalui umpam-umpan panjang. Sementara Barcelona yang mendominasi penguasaan bola juga tak kunjung bisa menembus tembok bek tuan rumah yang dikomandani Philippe Mexes. Hingga wasit akhirnya menyudahi pertandingan, skor masih 1-1.

Susunan Pemain

Milan: Amelia; Abate, Zapata, Mexes, Constant; Muntari, De Jong, Montolivo; Kaka (Emanuelson 71), Robinho (Balotelli 64), Birsa (Poli 80)

Barcelona: Victor Valdes; Adriano, Mascherano, Pique, Dani Alves; Iniesta, Busquets, Xavi; Neymar (Pedro 81), Alexis Sanchez (Fabregas 74), Messi

Sumber : Detik Sport