Kegagalan meraih kemenangan di empat laga terakhir, tak hanya membuat AC Milan kian terpuruk di klasemen sementara Serie A. Posisi pelatih Massimiliano Allegri pun berada dalam ancaman.

Milan terus menunjukkan performa inkonsisten di musim ini. Setelah menang lawan Udinese, Milan gagal memetik kemenangan di empat laga di semua ajang, di mana dua di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Terkini, Milan dipaksa bertekut lutut di markasnya sendiri, San Siro, usai ditumbangkan Fiorentina 0-2. Hasil ini membuat Milan terpuruk ke posisi 11 klasemen sementara dengan 12 poin.

Jalan I Rossoneri untuk merealisasikan target menembus zona Eropa di akhir musim pun kian terjal. Pasalnya, Milan saat ini terpaut 16 poin dari Juventus di posisi tiga atau zona play-off Liga Champions yang jadi target realistis Milan. Malahan, Milan saat ini lebih dekat ke jurang degradasi lantaran hanya unggul tiga poin dari Sassoulo di zona merah.

Jika sudah begini, pelatih pastinya jadi sosok yang paling bertanggung jawab. Allegri pun menyadari bahwa saat ini posisi dalam tekanan hebat.

“Saat ini, semua hal berjalan dengan buruk, kami hanya punya 12 poin. Saya pelatihnya, dan klub pastinya akan memberitahu saya, jika mereka membuat keputusan,” tutur Allegri sebagaimana dikutip Tribalfootball, Senin (5/11/2013).

“Sejauh yang saya ketahui, belum ada pertemuan yang dijadwalkan manajemen. Lagi, saya adalah pelatih Milan dan saya akan mencari solusi untuk keluar dari masalah ini,” sambungnya.

Terkait soal dukungan pemain yang mungkin bisa menyelamatkan kariernya, Allegri tidak terlalu mempermasalahkannya. Yang terpenting baginya, pemain tetap bersatu dan menunjukkan komitmen mereka untuk sama-sama keluar dari masalah ini.

“Apakah pada pemain berada di belakang saya? Mereka tidak perlu mendukung saya, mereka seharusnya saling mendukung (sesama pemain) dan bekerja keras sebagai sebuah tim. Ini tugas saya untuk membawa mereka ke jalur yang benar,” papar pelatih yang musim lalu juga sempat berada di situasi yang sama namun berhasil selamat, menyusul performa impresif Milan di paruh kedua musim.

Menurut isu yang berembus di Italia, para petinggi Milan kabarnya sudah melakukan pertemuan untuk mencari solusi masalah ini. Barbara Berlusconi, putri pemilik klub Silvio Berlusconi kabarnya tengah berencana melakukan perubahan besar, salah satu dengan melengserkan posisi Allegri dan Galliani.

Laga Barca kontra Milan di Camp Nou pada matchday keempat penyisihan Grup Liga Champions, Kamis dini hari, 7 Oktober,boleh jadi akan jadi hari penentuan nasib Allegri.

Sumber : okezone.com