Wakil Perdana Menteri Italia Angelino Alfano mengumumkan peraturan baru terkait kebijakan stadion di Italia.

Selama bertahun-tahun klub Serie A dan Serie B mengeluhkan terkait peraturan saat ini yang mempersulit klub untuk membangun stadion sendiri.

“Besok pemerintah akan mengajukan amandemen peraturan terkait infrastruktur olahraga,” ujar Alfano di rapat Lega Serie A.

“ini akan menjadi presentasi revolusioner dengan tiga prinsip utama: pertama, kemungkinan untuk membangun tempat olahraga menggunakan modal swasta. Kedua, menghilangkan birokrasi yang memperlambat proses. Ketiga, kemungkinan membuka infrastruktur baru dan mengadakan kegiatan komersial di dalamnya.”

Klub Italia umumnya tidak mendapat banyak pendapatan di hari pertandingan. Karena tidak punya stadion sendiri sehingga tidak bisa menyewakan properti untuk bar, restoran atau pertokoan. Artinya stadion ditutup selain hari pertandingan.

Alfano juga mencatat pemerintah didukung oleh Presiden Serie A untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelaku kekerasan dan tindakan kriminal. “Dalam beberapa bulan dan tahun terakhir kami berusaha keras untuk memastikan pelaku kriminal tidak diijinkan memasuki stadion. Kami terus konsisten melaksanakannya.”

Kehadiran petugas pendamping di stadion merupakan eksperimen yang berhasil, tetapi juga ada keterbatasannya. Juga ada langkah untuk membatasi fenomena merchandise palsu untuk mengembalikan kembali pendapatan resmi ke klub yang telah terenggut.

Sumber : bola.net